Berita Terkini

Senin, 18 April 2011

SEO

Apa itu SEO?

Ada yang tahu? Mungkin sebagian besar dari anda mengerti apa itu SEO, namun tidak banyak orang yang memahaminya. Hanya mereka yang ingin tahu dan mau mengerti yang akan memahaminya. Baiklah, saya pun sebenarnya kurang memahami apa itu SEO, dilihat dari kepanjangannya Search Engine Optimization berarti SEO memiliki arti sebagai Pengoptimalan Mesin Pencari. Apa maksudnya? Anda tahu mesin pencari google bukan? atau Yahoo? Itu bisa disebut sebagai mesin pencari yang berfungsi sebagai alat bantu kita sebagai Searcher. Sebagai mesin pencari, mereka membutuhkan database yang besar untuk menyimpan banyak data. Lalu darimana data itu diperoleh? Sebenarnya inilah yang dinamakan SEO, dimana ketika seseorang menyimpan atau membuat artikel mereka lalu diterbitkan di salah satu layanan internet, contoh: blogspot, wordpress atau website. Layanan internet ini  dibuat bertujuan guna memenuhi salah satu dari berjuta orang disana yang menginginkan sesuatu. Atau dalam kata lain hal ini bisa disebut sebagai simbiosis mutualisme antara sistem engine (google dsb), pemilik website, pemilik blog, layanan advertise, iklan baris dll. Ini adalah sebuah rantai yang akan sulit dipisahkan dari Dunia Cyber. Lalu dimana penjelasan SEO?

Ketika anda hendak menginginkan blog atau web anda menjadi yang no. 1 dalam mesin pencari anda harus memahami beberapa hal yang saya sebutkan di atas, contohnya google. bagaimana cara kerja SEG (system Engine Google)? Setelah anda mengetahui bagaimana sistem itu bekerja, maka anda akan memahami dengan sendirinya apa itu SEO? Namun apabila anda menginginkan kejelasan berbentuk formalitas (ilmu bawaan) saya akan memberikan beberapa referensi saya tentang SEO.

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimatization intinya, SEO adalah suatu cara untuk meningkatkan rangking situs / blog kita di Mesin Pencari. Sobat tau apa itu mesin pencari? mesin pencari adalah suatu mesin yang bisa mencari atau yang lebih pasnya melacak situs kita dengan kata kunci tertentu. Contoh : sobat coba masuk ke www.google.com dan ketikkan kata kuncinya yaitu 4dlast atau 4dlastband. Setelah itu maka akan muncul seperti gambar di bawah ini:



Anda bisa lihat, bagaimana 4dlast berada dalam page no. 1 dan urutan pertama. Kenapa? karena tidak banyak orang menggunakan kata kunci tersebut dan tidak ada postingan ataupun hal yang orang lain kemukakan tentang 4dlast selain saya. Hal ini dinamakan SEO bagi saya sebagai pemilik blog 4dlast. Mungkin cukup sekian, semoga apa yang saya kemukakan menjadi manfaat bagi rekan-rekan sekalian. GBU

0 komentar:

Posting Komentar

Banner Support

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More